Senin, 15 Agustus 2011

Khasiat Kelor dari Daun Hingga Akar

Diketahui bahwa pohon kelor dari pucuk sampai akar, bahkan getahnya mempunyai khasiat yang istimewa. Berikut dibahas satu per satu khasiat daun, bunga, biji, kulit batang, akar, polong dan getah.

Daun
Antimikroba, antibakteri, antiinflamasi (antiradang), infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus herpes simplek (HSV-1), HIV/AIDS, cacingan, bronchitis, gangguan hati, antitumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf, kolik di saluran pencernaan, rematik, sakit kepala, antioksidan, sumber nutrisi (protein dan mineral), dan tonik.


Bunga
Antimikroba, antibakteri, infeksi, flu, cacingan, sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, gangguan saraf, sumber nutrisi, dan tonik.

Biji
Antimikroba, antibakteri, kutil, penyakit kulit ringan, penjernih air, antitumor, sariawan lambung, demam, rematik, antiinflamasi, menaikkan kekebalan tubuh, sumber nutrisi, dan tonik.

Kulit batang
Mengatasi karang gigi, gangguan pencernaan, flu, sariawan, antitumor, rematik, detoksifikasi, penetralisir racun ular serta kalajengking, sumber nutrisi, alat kontrasepsi dan afrodisiak.

Akar
Antimikroba, karang gigi, flu, demam, asma, penguat jantung, antiinflamasi, rematik, bengkak kaki (edema), epilepsi, sakit kepala, afrodisiak, menjaga kesehatan organ reproduksi, penyegar kulit, mengobati penyakit ginjal, dan pembesaran hati (hepatamegali).

Polong
Antimikroba, antihipersensitif, antiinflamasi, rematik, menjaga kesehatan organ reproduksi, dan tonik.

Getah
Antimikroba, antitifoid, demam, asma, disentri, antiinflamasi, rematik, dan gangguan saraf.

Sumber:
Tree for life journal - www.tfljournal.org
Trubus 501 - Agustus 2011/XLII

5 komentar:

  1. orang NTB makan daun dan buahnya terutama di sumbawa,ibuku selalu masak daun buah dan bahkan bunganya.aromanya wangi,kalo sakit kepala makan sayur sakit kepalanya hilang.coba saja.

    BalasHapus
  2. Info yg bermanfaat...Trima ksh.

    BalasHapus
  3. saya terima daun kelor kering...posisi saya di sidoarjo jawa timur....saya butuh 3 ton daun kelor kering....hub yoga di 081703927645....harga nego....kalau area jatim saya mau ke tempat saudara....

    BalasHapus
  4. Saya baru banyak tahu ttg manfaat kelor (malunggay) setelah saya sekolah di filipina. Orang filipin sangat bangga dengan kelor dan semua orang tahu apa manfaatnya dan mereka juga menanamnya di rumah atau di kebon (dibudidayakan) baik di desa atau di kota. Everybody knows well about malunggay, that's why aku juga bagikan pengetahuan ini untuk semua orang di indo.....yang aku kenal supaya semua orang sehat!

    BalasHapus

Silakan mengisi pesan, komentar atau saran anda :-)